Rabu, 21 Maret 2018

Bodhisatwa terlahir sebagai Seekor kelinci yang suka Berderma

Relief Jataka Candi Borobudur
Relief Jataka Candi Borobudur
Relief Jataka Candi Borobudur
Bodhisatwa terlahir sebagai Seekor kelinci yang suka berderma

Terlahir sebagai Seekor Kelinci, Dia tinggal di hutan dan berkawan dengan Beruang, Kera dan Serigala. Kelinci berkawan akrab dengan mereka dan sering memberi nasihat tentang berderma pada mereka.

Suatu hari dari kejauhan terdengar suara orang merintih minta pertolongan. Kemudian Kelinci dan teman-temanya mendekat ke arah sumber suara itu. Ternyata ada orang yg sudah tua dan sedang merintih kelaparan memohon pertolongan.

Kelinci dan teman-temannya tergerak hatinya untuk menyelamatkan menolong orang itu dengan saling mencari makanan untuk orang tua itu. Akhirnya Beruang datang dengan membawa beberapa ekor ikan. Si Kera membawa beberapa buah-buahan. Serigala pun membawakan daging. Namun,  Kelinci datang tidak dapat membawa makanan yang pantas karena dia cuma punya rumput.

Apapun yang terjadi Kelinci karena tetap ingin berderma untuk orang tua yang kelaparan tersebut, maka dia mengumpulkan ranting-ranting kayu dan membakarnya, selanjutnya kelinci itu melompat kedalam api mengorbankan dirinya untuk bisa dimakan. Kelinci yg agung itu tetap bisa berderma dengan pengorbanan yang mulia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar