Jumat, 23 Maret 2018

Cerita Jataka pada Relief Borobudur tentang Perbuatan Baik Rusa Ruru

Cerita Rusa Ruru Relief Borobudur
Cerita Jataka Rusa Ruru
Cerita Jataka pada Relief Borobudur
Rusa Ruru

Ini adalah cerita edukatif ketika Bodhisatwa terlahir menjadi seekor Rusa. Si Rusa selalu tinggal di dalam hutan. Rusa ini adalah Rusa Ruru yang pandai bicara seperti manusia. Tubuhnya sangat indah,tanduknya bercahaya bagai emas, dan bulunya berkilau bagai permata.

Dengan berbagai pesonanya Rusa Ruru memilih untuk selalu tinggal di dalam hutan, karena kalau keluar dari hutan sangatlah berbahaya, banyak orang yg akan menangkapnya.

Suatu hari Rusa Ruru mendengar rintihan orang minta tolong, ketika didekati ada orang yang telah tersesat terseret arus sungai dalam kondisi yang lemah. Tergeraklah hati si Rusa untuk menolong orang itu sampai kondisinya pulih.  Setelah itu si Rusa Ruru juga menunjukkan jalan keluar dari hutan.

Sebelum berpisah Rusa Ruru minta tolong kepada orang yang telah ditolongnya supaya jangan pernah menceritakan tentang pertemuannya lokasi tempat tinggal dengan Rusa Ruru. Namun dilain waktu karena mimpi seorang Permaisuri Raja tentang Rusa cantik keemasan yg ada dihutan dan ingin menangkapnya. Oranfg yang pernah ditolong oleh rusa Ruru, demi mendapatkan hadiah dari Raja, maka berani berkhianat dengan menunjukkan tempat  tinggal Rusa tersebut.

Akhirnya ketika Sang Raja akan mengarahkan panahnya ke arah Rusa Ruru, si Rusa bertanya pada Raja "Siapa yg telah menunjukkan tempat tinggalnya?" Raja menunjuk pada orang yg ternyata sudah dikenal oleh Rusa Ruru.

Akhirnya Rusa Ruru menceritakan semua kisahnya tentang balasan orang yang telah ditolongnya dan seketika itu Raja mengarahkan panahnya ke orang yg telah berkhianat. Namun Rusa melarang untuk membunuhnya dan minta pada Raja supaya tetap memberi hadiah yg dijanjikan kepada orang tersebut. Orang tersebut melakukan ini terpaksa karena kemiskinannya.

Akhir cerita, karena Welas Asih dan Kebijaksananya Rusa Ruru dibawa ke Istana menjadi Penasehat Raja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar